[4] Benarkah Alquran Tidak Ada Yang Baru?

Untuk menambahkan beberapa hal dalam memberikan argumentasi atas tuduhan-tuduhan yang lalu, di sini akan diberikan beberapa bukti sebagai berikut:

1. Alquran mencakup beberapa informasi yang tidak diketahui oleh Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani). Sebagai contoh, Alquran menceritakan secara terperinci kisah Nabi Zakaria dan kelahiran Maryam sekaligus pengasuhnya. Kisah Maryam mendapatkan porsi banyak dan secara spesifik diceritakan satu surat penuh dalam Alquran, yang tidak ada perbandingannya dalam Perjanjian Baru. Jika demikian, dari mana Muhammad mengambil kisah ini?

2. Diterangkan dalam Kitab Keluaran bahwa Anak perempuan Firaun adalah orang yang mengadopsi Musa sedangkan menurut Alquran istri Firaun-lah yang mendopsi Musa. Dalam “Safar al-Kuruj” mengidentifikasi pembuat patung sapi yang kemudian disembah Bani Israel kepada  Harun, justru Alquran mengatakan Musa Samiri, sedangkan Harun mengingkarinya.

3. Jika Alquran mengutip Injil, mengapa Alquran tidak mengadopsi konsep trinitas, sebuah konsep baku paling fundamental dalam teologi nasrani? Mengapa tidak mengadopsi kisah penyaliban, penebusan dosa, dosa warisan dan menuhankan Isa Al-Masih?

4. Alquran telah menjadikan para nabi sebagai suri tauladan yang tinggi, ketika Perjanjian Lama menyatakan sebagian dari mereka melakukan tindakan menjijikkan. Yang demikian ini tidak sesuai dengan kedudukan nabi dalam ilustrasi Islam. (contoh kisah Nabi Luth bersama putrinya dalam Perjanjian Lama).

5. Ibadah dalam Islam yang ada dalam Alquran semisal salat, puasa, zakat, haji, spesifikasi ritus keagamaan dan tata caranya termasuk dari persoalan yang tidak diketemukan dalam agama sebelumnya. Salat lima waktu dikerjakan dengan tatacara khusus pada waktu dan dengan rumusan tertentu, puasa ramadan setiap tahunnya dengan menahan aktifitas makan, minum dan segala bentuk nafsu syahwat mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari, haji dan hal-hal berkaitan dengannya mulai dari tawaf, wukuf di Arafah, sa’i antara safa dan marwa sekaligus lempar jumrah, dst. Adalah beberapa bentuk ibadah dalam Islam yang tata caranya tidak terdapat pada agama apapun. Jika benar semua itu hasil dari adopsi, di mana agama yang mempunyai penjelasan sebagaimana Islam?


Note: Serial buku Haqâiqu Islâmiyyatin Fî Muwâjahati Hamalâti al-Tasykîki karya Prof. Dr. Mahmud Hamdi Zaqzuq.

No comments:

Post a Comment